Bid Humas Polda Jatim Beserta Seluruh Staf

Mengucapkan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H

Minal Aidzin Wal Fadidzin

Mohon Maaf Lahir Batin

Kamis, 27 Januari 2011




Rapim Polda Jatim dilaksanakan pada 27 Januari 20011 Rapim dipimpin oleh Kapolda Jatim dengan kegiatan paparan oleh para Dir Opsnal, Karo Ops, Karo Rena dan Kabid Propam tentang pemantapan fungsi masing-masing yang harus dilaksanakan oleh Kasatres / restabes
meneruskan dan menjabarkan hasil Rapim Polri di Jakarta tanggal 19 s/d 21 Januari 2011

Rapim Polda Jatim diikuti oleh seluruh Pejabat Utama dan para Kapolres / tabes sejajaran Polda Jatim. Menurut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Pudji Astuti pelaksanaan Rapim dengan 10 Program Prioritas antara lain :

        1)            Pengungkapan dan Penyelesaian kasus-kasus menonjol
2)            Peningkatan pemberantasan preman, kejahatan jalanan, perjudian, narkoba, illegal logging, illegal fishing, illegal mining, human trafficking, dan korupsi
3)            Penguatan kemampuan densus 88 AT à Kerma TNI dan BNPT
4)            Program penguatan Reserse
5)            Implementasi struktur organisasi Polri yang baru
6)            Membangun kerja sama melalui sinergi polisional yang proaktif dalam rangka penegakkan hukum dan HAM
7)            Memacu perubahan Mind set dan culture set Polri
8)            Menggelar SPK di berbagai sentra kegiatan Publik
9)            Layanan pengadaan sistem elektronik (LPSE)
10)        Membangun dan mengembangkan sistem informasi terpadu serta persiapan pengamanan pemilu 2014

Kamis, 06 Januari 2011













PENERIMAAN BRIGADIR POLISI T.A. 2011 POLDA JATIM

           1.                  Pada awal Bulan Januari akan dibuka pendaftaran calon Brigadir Polisi T.A. 2011, bahwa seleksi “MASUK POLISI TIDAK DIPUNGUT BIAYA” dan dilaksanakan berdasarkan prinsip – prinsip penerimaan :
a.                  Bersih artinya tidak ada celah sama sekali bagi panitia, pejabat, calon dan keluarga calon untuk KKN;
b.                  Transparan artinya semua tahapan rekrutmen dan seleksi dilaksanakan secara terbuka dibawah pengawasan baik pihak  pengawas internal maupun pihak pengawas eksternal seperti dari LSM, organisasi masyarakat media massa elektronik maupun cetak;
c.                   Akuntabel artinya pelaksanaan dan hasil rekrutmen dan seleksi dipertanggung jawabkan secara vertikal, maupun horizontal baik pada pimpinan Polri, Pemerintah, publik, pengamat, pada orang tua calon dan terhadap calon itu sendiri;
d.                  Humanis artinya memperlakukan calon sebagai warga Negara yang perlu dilayani dengan baik dan penuh kasih sayang selama mengikuti seleksi.

           2.                  Adapun persyaratan umum adalah sebagai berikut :
a.                  Warga Negara Republik Indonesia (Pria/ Wanita);
b.                  Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
c.                  Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945;
d.                  Sehat jasmani dan rohani (Surat Keterangan Sehat dari Institusi Kesehatan);
e.                  Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan dari Polres setempat);
f.                    Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
g.                  Bersedia ditempatkan diseluruh Wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang Tugas Kepolisian.
3.                  Persyaratan lain :
a.      Berijasah serendah-rendahnya SMU Sederajat (tidak termasuk SMK Busana/Boga/Kecantikan/Perhotelan/Guru TK/SMK yang tidak ada kompetensi dengan tugas pokok Polri atau SMK yang dikelola oleh Departemen). Dengan ketentuan bagi lulusan :
1).         SMU/Madrasah Aliyah, menggunakan Surat Tanda Kelulusan dengan criteria “Lulus”;
2).         SLTA lainnya yang sederajat/Program Pendidikan Kesetaraan Paket C/SMK (termasuk lulsan luar negeri) menggunakan transkip nilai dengan rata-rata baik atau dengan kriteria ”Lulus” yang telah diakreditasi oleh Instansi Diknas Tingkat Propinsi;
3)          D-III/D-IV/S1 sesuai kompetensi tugas pokok Polri, diutamakan Program Studi Hukum yang telah diakreditasi;
b.      Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Brigadir T.A. 2011, minimal 17 tahun 5 bulan dan maksimal bagi lulusan;
1).        SMU/Sederajat         : 21 tahun
2)         D-III                              : 24 tahun
3)         D-IV/S1                      : 25 tahun
c.   tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :
            1)         pria                             : 163 cm
            2)`       wanita                         : 160 cm

            4.                  Selain itu Polda Jatim membuka diri terhadap perorangan dan atau kelembagaan untuk menjadi pengawas eksternal penerimaan Brigadir Polisi T.A. 2011 yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis, adapun persyaratannya sebagai berikut :

a.                  Persyaratan umum
1)                 Warga Negara Indonesia;
2)                 Berdomisili di wilayah tempat berlangsungnya penerimaan;
3)                 Komitmen terhadap kemajuan institusi Polri;
4)                 Sukarela dan tanpa pamrih;
5)                 Tidak mencari keuntungan atau tidak mewakili kepentingan lain, baik secara individual maupun kelembagaan;
6)                 Tidak sedang dalam proses pidana;
7)                 Tidak memiliki hubungan formal-struktural dan bukan merupakan bagian dari keluarga besar Polri; dan
8)                 Menaati ketentuan yang berlaku dalam proses penerimaan.

b.                  Kualifikasi
1)                 Memiliki kesehatan fisik dan mental;
2)                 Memiliki kompetensi dan keahlian tertentu yang dapat dipergunakan untuk melakukan pengawasan sesuai dengan tahapan proses penerimaan;
3)                 Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan panitia penyelenggara penerimaan; dan
4)                 Telah diakui atau dikenal dengan baik.

    5.      Pendaftaran calon peserta Brigadir Polisi direncanakan online melalui website www.polri.go.id , dan pengumuman dapat dilihat melalui  www.jatim.polri.go.id , www.humaspoldajatim. blogspot.com , facebook.com humas polda jatim serta formulir dapat di download dan registrasi secara online (mengisi data nominatif peserta) di www.penerimaan.polri.go.id
Adapun tatacara pendaftaran online calon peserta Brigadir Polisi T.A. 2011 yaitu :
a.                  Peserta membuka website di www.penerimaan.polri.go.id setelah terbuka peserta memilih menu registrasi;
b.                  Selanjutnya klik pilihan “Penerimaan Brigadir Polisi”, setelah terbuka isikan form secara lengkap dan benar (tidak dipalsukan) sesuai dengan dokumen yang dimiliki peserta;
c.                   Setelah mengisi data, peserta agar memasukkan kode verifikasi sesuai gambar yang muncul pada kolom registrasi;
d.                  Selanjutnya peserta memasukkan password sesuai pilihan peserta (minimal 4 huruf/karakter) selanjutnya klik tombol “daftar”;
e.                  Selanjutnya muncul pesan informasi “selamat anda sudah mengisi form registrasi dengan benar, no registrasi ini harap disimpan dengan baik karena akan digunakan untuk penukaran no. Polda, jika hilang dapat menghubungi Polda masing – masing;
f.                     Berdasarkan hasil registrasi tersebut diatas, peserta datang ke polda sesuai form registrasi dengan membawa persyaratan lengkap dan menunjukkan no. registrasi kepada Panitia Daerah;
g.                  Apabila jaringan internet dan website mengalami gangguan pada saat proses registrasi online, peserta dapat langsung melakukan registrasi di Polres dan Polda setempat; 

6.      Adapun tatacara download blangko administrasi melalui www.polri.go.id yaitu :
a.      Peserta membuka website di www.polri.go.id , setelah terbuka peserta bisa langsung mendownload ( klik pusat informasi, klik pengumuman, klik penerimaan polri).
b.      Selesai di download peserta memfoto copy blangko yang masih dalam keadaan kosong sebanyak rangkap 4;
c.      Selanjutnya peserta mengisi blangko yang sudah ada sesuai dengan contoh yang sudah tercantum;
d.      Untuk pengisian Permohonan menjadi anggota Polri menggunakan kertas folio bergaris dan ditulis menggunakan huruf balok sebanyak rangkap 4;
e.      Setelah diisi salah satu yang diangga asli ditempel materai sebesar Rp. 6.000,-;
f.        Apabila persyaratan adminitrasi sudah lengkap, peserta langsung dating ke Mapolda Jatim untuk menyerahkan berkas dan pengambilan nomor peserta.

Surabaya,            Desember   2010

KEPALA BIRO PERSONEL POLDA JATIM

ttd

Drs. DJAMALUDIN
KOMBESPOL NRP 62110669

Rabu, 05 Januari 2011


KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA

MEMBERI KESEMPATAN BAGI PUTRA-PUTRI WARGA NEGARA INDONESIA
UNTUK MENJADI BRIGADIR POLISI

Pendaftaran penerimaan Brigadir Polisi TA. 2011 dilaksanakan melalui Polres-Polres terdekat dengan cara pendaftar datang sendiri ke tempat pendaftaran.

I.          KETENTUAN UMUM

1.        Warga Negara Republik Indonesia (Pria/ Wanita)
2.        Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3.        Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
4.        Sehat jasmani dan rohani (Surat Keterangan Sehat dari Institusi Kesehatan).
5.        Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan dari Polres setempat).
6.        Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
7.        Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian.

II.        PERSYARATAN UMUM
Persyaratan kelengkapan lamaran dibuat dalam 4 (empat) rangkap dan masing-masing harus di Register oleh pejabat yang berwenang, dengan kelengkapan administrasi yang terdiri dari :
1.        Ijasah asli SD,SMP,SMA/MA, D-III/ S1
Foto copy kemudian dilegalisir (masing-masing 4 rangkap).
2.        Skep/ Sertifikat Akreditasi dari BAN (bagi D-III dan S-1)
(Foto copy kemudian dilegalisir)
3.        Surat Keterangan dari Rektor/ Dekan (bagi D-III dan S-1)
(Foto copy kemudian dilegalisir)
4.        Akte/ Surat Kenal Lahir (asli)
(Foto copy kemudian dilegalisir)
5.        KTP Calon, Ortu/ wali asli sesuai dengan domisili wilayah Polres tempat pendaftaran
(Foto copy kemudian dilegalisir)
6.        Surat Kematian asli bagi orang tua yang sudah meninggal dunia
(Foto copy kemudian dilegalisir)
7.        Surat Cerai asli bagi orang tuanya yang bercerai
(Foto copy kemudian dilegalisir)
8.        Surat pendaftaran
9.        Surat Permohonan menjadi anggota Polri
10.     Daftar Riwayat Hidup
11.     Surat Pernyataan belum pernah nikah
12.     Surat Pernyataan siap ditempatkan dimana saja
13.     Surat Perjanjian Ikatan Dinas Pertama
14.     Surat Keterangan dari Instansi bagi yang bekerja
15.     Surat Keterangan Catatan Kepolisian
16.     Memenuhi syarat tinggi badan yang telah diukur oleh Panitia.

III.       TAHAPAN SELEKSI
Seleksi Calon Brigadir Polri menggunakan system gugur :
1.        Pemeriksaan Administrasi Awal
2.        Pemeriksaan Kesehatan Tahap I
Pemeriksaan Kesehatan Tahap I meliputi :
a.        pemeriksaan fisik
b.        pemeriksaan mata
c.        pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan.
d.        pemeriksaan gigi dan mulut
e.        dan lain-lain
3.        Pemeriksaan Psikologi
Pemeriksaan Psikologi terdiri dari :
a.        Kecerdasan :
1)        kecerdasan umum
2)        kemempuan praktis
3)        kemampuan verbal
4)        kemampuan berpikir abstrak.
b.        stabilitas emosi
c.        pro sosial
d.        penyesuaian diri
e.        pengendalian diri
f.         kepercayaan diri
g.        Sikap Kerja :
1)    ketelitian dan kecepatan kerja.
2)    ketahanan kerja
3)    ketekunan kerja.
h.        Kecenderungan psikopatologis.
4.        Penelusuran Mental Kepribadian
Setiap calon dilakukan penelusuran terhadap latar belakang mental, perilaku dan kepribadiannya sebelum mendaftar menjadi anggota Polri melalui penerimaan Brigadir Polri yaitu :
a.    pengisian formulir Penelusuran Mental Kepribadian
b.    kegiatan pengumpulan bahan secara terus menerus sejak berada dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat sebelum mengikuti seleksi sampai dengan selama pendidikan pembentukan berlangsung.
c.    kelulusan PMK sebagai bahan pertimbangan kelulusan seleksi atau pendidikan pembentukan, apabila sudah diperoleh datanya.
5.        Uji Akademik
Pemeriksaan Uji Akademik meliputi :
a.        bahasa indonesia
b.        bahasa inggris
c.        matematika
d.        pengetahuan umum.
6.        Pemeriksaan Kesehatan Tahap II
Pemeriksaan Kesehatan Tahap II meliputi :
a.        pemeriksaan Foto Toraks
b.        pemeriksaan EKG
c.        pemeriksaan Lab meliputi :
1)        urine lengkap
2)        darah rutin
3)        kimia darah TTT (SGPT, GDP, Kolesterol dan Creatinin)
4)        narkoba (morfin, THC, Amfetamin, Metamfetamin dan Benzodiazepin)
5)        imuno Serologis (HBsAG, Anti HIV dan VDRL)
6)        uji kehamilan untuk calon Brig Polwan
d.    pemeriksaan Kesehatan Jiwa dilaksanakan dengan pengisian form Pernyataan Kesehatan Jiwa (MMPI)
7.        Uji Kemampuan Jasmani
Ujian Kesamaptaan Jasmani untuk pria :
a.        ujian kesamaptaan ”A” lari 12 menit;
b.        ujian kesamaptaan ”B” terdiri dari rangkaian ujian meliputi :
1)        pull up maksimal 1 menit.
2)        sit up maksimal 1 menit.
3)        push up maksimal 1 menit.
4)        shuttle run jarak 6 X 10 meter.
                  Ujian Kesamaptaan Jasmani untuk wanita  :
a.        ujian kesamaptaan ”A” lari 12 menit.
b.        ujian kesamaptaan ”B” terdiri dari rangkaian ujian meliputi :
1)        chinning (modifikasi pull up) maksimal 1 menit.
2)        modified sit up maksimal 1 menit.
3)        modified push up maksimal 1 menit.
4)        shuttle run jarak 6 X 10 meter.
c.        test renang (bisa berenang dengan gaya apa saja) sejauh 25 meter.
d.        antropometri/ Pemeriksaan  Postur Tubuh  :
1)        pengukuran tinggi dan berat badan.
2)        pemeriksaan kelainan tubuh dengan cara pengamatan langsung dengan menggunakan alat bantu Conformateur (tiang jeruji) dan simetrigraph (jaring-jaring).
3)        pemeriksaan dengan cara pengambilan dan pengukuran foto.
4)        menentukan tipe tubuh (Somatotype).
5)        pengamatan langsung sikap dan gerak.
8.        Pemeriksaan Administrasi Akhir
9.        Sidang Penetapan Kelulusan Akhir.
sidang penetapan kelulusan akhir dipimpin oleh Kapolda atau Wakapolda dan dilaksanakan secara transparan/ terbuka untuk umum dengan menghadirkan Peserta, orang tua peserta, pengawas internal dan pengawas eksternal.

IV.      PELAKSANAAN MEKANISME PENDAFTARAN

a.        Setelah persyaratan administrasi dinyatakan lengkap oleh Panbanrim (Polres/Ta/Tabes) kemudian calon peserta datang sendiri ketempat pendaftaran untuk pengambilan nomor peserta dan petunjuk berikutnya di GEDUNG MAHAMERU MAPOLDA JATIM Jl. A. Yani no. 116 Surabaya.
b.        Pada saat mendaftar peserta sudah membawa seluruh berkas administrasi yang telah dipersyaratkan. Blanko lampiran berkas dapat didownload/unduh di website www.polri.go.id (klik pusat informasi klik pengumuman klik penerimaan Polri) dan untuk pengisian tetap menggunakan tulisan tangan huruf balok/cetak..

I.          TATA URUT PENYUSUNAN BERKAS

1.        Pas photo hitam putih dalam amplop masing–masing berisi 4 lembar uk. 4x6
2.        Fotocopy Ijasah yang sudah dilegalisir terbaru dan disusun berurutan keatas dari SD, SMP, SMA /Sederajat dan Perguruan Tinggi  Catatan  :  
           peserta yg berijasah Negeri/Swasta dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang
           untuk Perguruan Tinggi ijasah dan transkip Nilai dilegalisir oleh Rektor / Dekan.
           foto copy Surat Keputusan/Sertifikat Akreditasi PT yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional dan dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.
3.        Surat Keterangan dari Rektor / Dekan (yang menyatakan Alumni lulusan Universitas tsb) dan sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
4.        Fotocopy akte kelahiran harus dilegalisir terbaru
5.        Fotocopy KTP calon, orangtua/wali, kartu keluarga dilegalisir.
6.        Surat Pendaftaran asli untuk bendel pertama (fotocopy untuk bendel 2, 3, dan 4)
7.        Permohonan menjadi anggota Polri ditulis dengan tulisan tangan di kertas Folio bergaris, huruf balok, tinta hitam, bermaterai 6000 untuk bendel pertama, untuk 3  bendel selanjutnya tidak bermaterai.
8.        Daftar Riwayat Hidup asli untuk bendel pertama bermaterai 6000 (fotocopy untuk bendel 2, 3, dan 4 )
9.        Surat Belum Pernah Nikah asli untuk bendel pertama bermaterai 6000 (fotocopy untuk bendel 2, 3, dan 4)
10.     Surat Persetujuan orangtua / wali asli untuk bendel pertama bermaterai 6000 (fotocopy untuk bendel 2, 3, dan 4)
11.     Surat Pernyataan kesediaan ditempatkan dimana saja untuk bendel pertama bermaterai 6000 (fotocopy untuk bendel 2, 3, dan 4)
12.     Surat Perjanjian Ikatan Dinas asli untuk bendel pertama bermaterai 6000 (fotocopy untuk bendel 2, 3, dan 4)
13.     SKCK asli untuk bendel pertama (fotocopy untuk bendel 2, 3 dan 4 yang sudah dilegalisir)

Catatan  :
           Blanko formulir Administrasi difotocopy terlebih dahulu sebelum diisi.
           Penulisan / pengisian blangko formulir ditulis huruf balok dengan tinta hitam.
           Permohonan dan semua surat pernyataan lembar pertama bermaterai  Rp. 6.000
           Berkas yang di fotocopy harus dilegalisir terbaru (berlaku 3 bulan kedepan).
           Berkas yang diserahkan terdiri dari 4 Bendel.